Powered By Blogger

Rabu, 22 Desember 2010

line follower robot dg ic lm 324

Mungkin kita sering melihat robot line follower robot yang akan mengikuti garis di trek. pada robot pengikut garis umum dikendalikan oleh mikrokontroler, namun dalam hal ini robot pengikut artikel online dalam desain tanpa menggunakan mikrokontroler. Untuk itu Anda harus mencoba untuk merakit nya Line Follower Robot seri terdiri dari tiga bagian utama, yaitu sirkuit sensor, komparator (pembanding) dan satu set driver kerja. Berikut ini adalah gambar skematik pengikut baris:
Analog Line Follower Robot Robot1 Analog Line Follower
Sensor sirkuit. Sensor yang digunakan terdiri dari dioda foto. Ini nilai resistansi sensor akan berkurang bila terkena cahaya dan bekerja pada kondisi bias riverse. Sensor cahaya yang digunakan untuk LED Superbright, komponen ini memiliki cahaya yang sangat terang, cukup untuk memasok cahaya untuk dioda foto. Jika foto dioda tidak terkena cahaya, maka resistensi akan besar atau dapat kita asumsikan tak terbatas. Sehingga arus ke pembanding sangat kecil atau dapat dianggap logika 0 jika terkena cahaya dioda foto, dioda foto akan bertindak sebagai sumber tegangan dan resistansi akan menjadi kecil, sehingga akan ada arus mengalir ke komparator dan logika 1. Berikut ini adalah sensor gambar skematik: 





Sensor circuit1 Analog Line Follower Robot
Rangkaian komparator. Pembanding dalam rangkaian menggunakan IC LM 324 yang berisi rangkaian Op Amp digunakan untuk membandingkan input dari sensor. Dimana akan membandingkan input dari Op Amp IC LM 324 adalah output ke logika tinggi. Jadi tidak perlu menggambar pada output. IC ini dapat bekerja pada kisaran 3 volt menjadi 30 volt dan dapat bekerja dengan normal mulai tegangan 6 volt. Pada seri ini juga terdapat 4 LED, yang berfungsi sebagai indikator. Untuk mengatur tegangan perbandingan, menghubungkan variabel resistor (VR) antara kedua OP Amp IC LM 324. Jika tidak ada arus dari rangkaian untuk sensor rangkaian adalah tegangan masukan untuk rangkaian adalah 0 volt, sehingga tegangan pada terminal IC 1 (+)> (-), LED-A pada, sedangkan 2-D IC LED off. Jika arus mengalir dari sirkuit ke sirkuit adalah input sensor tegangan untuk sirkuit ini dekat Vcc, sehingga tegangan di terminal IC 2 (+) <(-), LED-B on, sedangkan IC 1-LED A off. Kondisi antara titik A dan b akan selalu berbalik. Berikut ini adalah gambar skematik komparator:
Circuit.1 komparator Analog Line Follower Robot
Motor Driver sirkuit Driver adalah rangkaian yang terdiri dari transistor digunakan untuk menggerakkan motor DC. Dimana komponen utama transistor dipasang sesuai dengan karakter input dalam A untuk logika 1, maka arus pada rangkaian, akibatnya transistor 1 dan 4 pada bahwa dasar, bias, sehingga motor berputar. Sehingga bila input A logika 1 adalah masukan untuk logika B 0, jadi transistor 2 dan 3 akan dimatikan. Dalam input logika B 1, maka arus mengalir dalam rangkaian, akibatnya transistor 2 dan 3 berdasarkan bias, sehingga motor berputar, tetapi dalam arah yang berlawanan. Berikut ini adalah gambar skema driver motor:
Motor Driver circuit1 Analog Line Follower Robot
Komponen: 1.IC LM 324 1 buah 2.resistor 33 Kohm 2 lembar 3.resistor 10 Kohm 4 bagian 4.resistor 560 ohm 10 toko 8 pcs 5.transistor 9013 6.variable resistor 2 buah 2 buah 7.LED indikator 2 buah 8.LED superbright 9.photodioda 2 buah 10.motor 3 volt 1 buah 1 lembar 11.PCB Metrik 1 lembar 12.Baterai 13.saklar togle

Tidak ada komentar:

Posting Komentar